Beranda / Pendidikan / Cara Mengembangkan Kepribadian yang Baik
Cara Mengembangkan Kepribadian yang Baik
Cara Mengembangkan Kepribadian yang Baik

Cara Mengembangkan Kepribadian yang Baik

Tak ada yang benar-benar penting selain memiliki kepribadian baik yang objektif. Setiap orang menyukai tipe kepribadian orang lain yang berbeda-beda. Kuncinya adalah membangun kepribadian yang membuat Anda merasa bangga dan percaya diri. Anda tentu menginginkan kepribadian yang akan menarik perhatian tipe orang yang Anda sukai.

Metode 1

Mengembangkan Minat

    • Cari tahu siapa diri Anda. Pandanglah diri secara mendalam dan renungkan siapa diri Anda. Ini adalah hal yang paling sulit dilakukan, namun juga sangat penting. Cobalah untuk memisahkan perbedaan antara cara Anda bertindak dan kepribadian Anda sebenarnya.
    • Renungkan hal-hal yang berarti untuk Anda. Ingat, lebih sulit untuk mencari tahu hal-hal yang berarti untuk Anda jika Anda tidak yakin dengan diri Anda sebenarnya. Jangan memilih hal-hal yang berarti bagi Anda hanya karena menurut orang lain penting. Cari tahu menurut kata hati. Mungkin Anda selalu suka bermain sepak bola karena ayah Anda menyukainya. Atau mungkin Anda selalu mendukung partai politik tertentu karena teman-teman Anda mendukung partai tersebut. Coba cari tahu apa yang benar-benar Anda sukai.




  • Kembangkan hobi. Memiliki hobi adalah suatu bagian besar untuk memiliki kepribadian yang baik. Jadilah orang yang menyenangkan, bukan membosankan. Coba libatkan diri Anda ke dalam hal-hal yang Anda suka mengerjakannya. Tak perlu mahir – hanya menggemari saja.
  • Miliki pendapat sendiri. Memiliki pendapat adalah bagian penting untuk memiliki kepribadian yang baik. Anda tidak boleh hanya menjadi orang yang setuju saja. Anda harus memiliki pendapat sendiri, namun kadang-kadang orang mengabaikan pendapatnya untuk menghindari konflik. Pendapat Anda tidak boleh menyakiti orang lain; yang penting disampaikan dengan baik dan Anda bersedia mengubah pikiran. Jangan takut untuk menanyakan pandangan orang lain dan berbagi pendapat Anda.
  • Habiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang berarti bagi Anda. Baik itu bermain gitar, membaca berita, atau belajar cara menerbangkan pesawat, jika Anda menyukainya, menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal tersebut sangatlah berarti. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal-hal tersebut, semakin cerdas pula Anda. Lakukan hal ini untuk diri sendiri, bukan agar orang lain berpikir kalau Anda terlihat keren bermain gitar.

Metode 2

Membangun Kepercayaan Diri dalam Kepribadian

  • Berpikirlah secara positif, baik tentang diri sendiri dan orang lain secara umum. Segala pikiran yang kita pikirkan segera berubah menjadi kata-kata yang diucapkan dan tindakan yang diambil. Memiliki pikiran yang baik tentang diri sendiri menimbulkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri: tanda dari kepribadian yang baik. Ketika Anda menyadari dengan pikiran sendiri, maka proses untuk menuntunnya dalam arah yang benar dengan pikiran yang positif akan menjadi mudah.
  • Tunjukkan diri Anda sebenarnya. Kita sering mendapatkan peluang di dalam kehidupan untuk mengekspresikan kepribadian. Lakukanlah! Cobalah agar tidak selalu sama dengan orang lain. Memiliki kepribadian yang baik bukan berarti Anda seperti orang lain. Misalnya, jika Anda sedang berbicara dengan sekelompok orang atau seseorang, usahakan agar tidak terus-menerus setuju dengan berbagai hal yang mereka katakan. Sisipkan pendapat dan cerita Anda dengan cara yang sopan dan menyenangkan.Bertindaklah selalu seperti diri Anda. Orang tertarik dengan orang lain yang bertindak nyata. Jika Anda berpura-pura, maka akan mudah untuk dikenali.
  • Berfokuslah pada bagian-bagian yang baik dari kepribadian Anda. Hal yang mudah untuk menurunkan kualitas aspek-aspek kepribadian Anda. Cobalah untuk menghindarinya. Perhatikan aspek-aspek kepribadian Anda yang sekiranya menarik bagi orang lain dan cobalah untuk menunjukkannya.
  • Berusahalah untuk memperbaiki bagian-bagian kepribadian yang tidak Anda sukai. Mungkin Anda berpendapat kalau Anda terlalu banyak membicarakan diri sendiri, atau sering tidak sabar. Hal yang penting untuk mengenali hal-hal seperti ini, namun bukan membenci diri sendiri karena hal-hal tersebut. Coba perhatikan cara Anda bertindak. Di waktu lain ketika Anda mulai bertindak tidak sabar, Anda bisa menyadarinya, dan berusaha menanggapinya secara berbeda dalam situasi tersebut.

Metode 3

Mengembangkan Karakteristik Kepribadian yang Baik

  • Buat diri Anda selalu bahagia dan ceria. Cobalah untuk melihat kegembiraan di dunia. Tertawalah bersama orang lain, namun bukan menertawakan mereka. Setiap orang menghargai orang lain yang bahagia dan ceria. Selalu tersenyum dan tertawa adalah bagian besar dari memiliki kepribadian yang baik.
  • Cobalah untuk tetap tenang dalam situasi yang menegangkan. Banyak orang yang tampaknya memiliki kepribadian baik sampai Anda melihat mereka dalam situasi darurat atau menegangkan. Mereka tidak lagi tenang. Jangan menjadi orang seperti ini! Jika Anda berada dalam situasi yang menegangkan, cobalah untuk tetap tenang dan perhatikan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut. Misalnya, mobil Anda mogok di jalan tol dan Anda akan telat ke kantor. Jangan mulai berteriak-teriak—hal tersebut tidak mengatasi masalah. Berpikirlah dengan jernih dan mulailah menyusun rencana untuk mengatasi masalah.
  • Tetaplah berpikiran terbuka. Salah satu bagian dari memiliki kepribadian yang baik adalah bersedia mengubah pandangan tentang dunia. Dengarkan orang lain dan selalu bersedia mengubah pikiran. Jangan menghakimi orang lain hanya karena mereka bertindak tidak sama dengan Anda. Membuat pikiran tetap terbuka akan memudahkan Anda untuk memiliki teman baru dan mungkin kehidupan yang jauh lebih menyenangkan. Tak perlu menghentikan hal-hal yang terjadi dunia.
  • Kembangkan sifat rendah hati. Anda bisa menjadi orang yang paling luar biasa dan berbakat di dunia, namun jika tidak memiliki sifat rendah hati, maka kemungkinan Anda tidak memiliki kepribadian yang baik. Jagalah agar diri Anda selalu sejajar dan seimbang. Tak seorang pun yang menyukai orang dengan ego yang besar.

Metode 4

Mempedulikan Orang Lain

  • Belajarlah untuk mencintai orang lain. Banyak kepribadian yang buruk berkembang karena orang tidak ingin saling memaafkan dan tidak menyadari dirinya diliputi dengan kebencian dan kemarahan. Cobalah untuk menemukan cinta untuk setiap orang.
  • Ajukan pertanyaan. Menjadi orang yang ingin tahu adalah bagian untuk peduli dengan orang lain, dan sebaliknya juga akan membuat Anda menjadi orang yang lebih menarik. Cobalah untuk mencari tahu apa yang membuat orang lain menarik dan penting. Anda akan banyak belajar dan membantu mereka agar merasa berharga.
  • Jadilah orang yang setia. Jangan mengkhianati orang-orang yang dekat dengan Anda. Orang-orang yang Anda cintai akan lebih menghargai Anda jika Anda setia. Tetaplah bersama orang-orang yang Anda cintai saat susah dan senang. Anda bisa melewati masa sulit dalam hubungan jika Anda tetap setia pada orang tersebut.
  • Tawarkan dukungan dan bimbingan. Jangan berusaha untuk bersikap seolah-olah Anda tahu segalanya, namun usahakan untuk selalu menawarkan bantuan pada orang lain jika memungkinkan. Hal ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti membantu seorang teman yang pindah rumah atau bantuan yang lebih mendalam seperti bimbingan dalam kehidupan.
  • Tawarkan apa pun yang ada namun jangan berusaha untuk terlalu mengendalikan dengan cara tertentu. Hargai keputusan dan pendapat orang lain.

Tips

  • Tersenyumlah dan ceria. Orang-orang lebih suka berada di sekeliling wajah-wajah yang tersenyum. Anda tidak harus selalu serius setiap saat.
  • Lahir dengan kepribadian tertentu adalah hal yang tidak disengaja, namun berusaha memiliki kepribadian yang baik adalah sebuah pencapaian.
  • Buatlah perubahan sederhana kapan saja Anda merasa perlu memperbaikinya dan nikmatilah.
  • Bersikaplah santai. Terlalu berusaha bersikap manis bisa dianggap sebagai kemunafikan.
  • Perbarui diri dan ajari orang lain cara melakukannya. Hal ini diperlukan untuk menghadapi hari esok.
  • Lihatlah selalu kebaikan orang lain daripada melihat keburukannya.
  • Jangan berusaha menyakiti orang lain untuk kesenangan Anda.
  • Jadilah orang yang murah hati dan milikilah perilaku yang bermanfaat.
  • Jangan pernah melakukan sesuatu hanya untuk membuat orang lain terkesan atau menciptakan penampilan tertentu. Ini bukanlah hal yang baik dan sering kali menimbulkan masalah. Jangan pernah tergantung pada orang lain karena alasan-alasan konyol.
  • Berikan bantuan pada orang lain yang membutuhkan. Suatu saat mereka akan mengingatnya.

Referensi

↑ http://dailypersonalitydevelopment.com/11-ways-to-develop-an-awesome-personality/
↑ http://www.thechangeblog.com/develop-a-magnetic-personality/
↑ http://dailypersonalitydevelopment.com/11-ways-to-develop-an-awesome-personality/
↑ http://www.thechangeblog.com/develop-a-magnetic-personality/
↑ http://www.essentiallifeskills.net/improveyourpersonality.html
↑ http://www.briantracy.com/blog/personal-success/be-the-best-you-7-keys-to-a-positive-personality/
↑ http://www.briantracy.com/blog/personal-success/be-the-best-you-7-keys-to-a-positive-personality/
↑ http://www.briantracy.com/blog/personal-success/be-the-best-you-7-keys-to-a-positive-personality/
↑ http://www.essentiallifeskills.net/improveyourpersonality.html
↑ http://www.essentiallifeskills.net/improveyourpersonality.html

Info Lainnya

Cegah dan atasi penyakit kanker serviks dengan Crystal X! Klik Di Sini









Sumber: http://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kepribadian-yang-Baik

Tentang Redaksi Paramitra Media

Foto Profil dari Redaksi Paramitra Media
PARAMITRA MEDIA dibangun dan dikembangkan sebagai media promosi dan pemasaran para mitra bisnis di Indonesia. Kami memberikan fasilitasi pengembangan sistem bisnis online bagi para pelaku usaha, baik individu, UKM maupun perusahaan, yang ingin dapat membesarkan bisnisnya melalui Internet. Fasilitasi ini kami berikan melalui training bisnis online dan komunitas mitra bisnis.